Ilustrator : Aulia Silmi


oleh: Kapten_Ran*

 

Masalah hidupmu menumpuk? sudah cari solusi tetap tidak ketemu. Bunuh diri aja sob.

Sekarang banyak sekali orang yang dengan senang hati bunuh diri. Walaupun caranya bermacam-macam, mulai dari gantung diri, lompat dari gedung tinggi, minum racun pestisida, dll. Pokok intinya harus mati aja. Ngak perduli caranya seperti apa.

Sebelum kamu bunuh diri nih sob, kamu harus tau kalau ngak ada yang namanya bunuh diri itu enak. Prosesnya sakit banget. Mulai dari patahnya tulang leher, saluran nafas yang tersumbat, rasa terbakar di tenggorokan, dll. Bahkan jika kamu melompat dari gedung tinggi sekalipun, sakitnya pasti akan terasa.

Dilansir dari Wikipedia, bunuh diri berada di urutan ke-10 penyebab kematian terbesar yang ada di dunia saat ini. Alasannya sih beragam, mulai dari masalah yang ringan seperti putus cinta hingga masalah berat seperti masalah perekonomian.

Apa setelah melakukan bunuh diri masalah selesai? Oh tentu tidak. Kalau masalah hutang masih ada ahli waris yang harus membayarkannya. Masalah cinta? Ada keluarga yang akan digunjingkan oleh tetangga setiap hari. Kalau mental yang ditinggalkan kuat untuk menghadapi pengadilan sosial sih ngak ada masalah. Kalau ngak kuat? Kamu sudah menjadi pembunuh secara tidak langsung.

Perlu diketahui bahwa diantara orang-orang yang melakukan bunuh diri, ada beberapa yang telah menyiapkan surat wasiat. Kenapa perlu buat surat wasiat? Toh akhirnya mati juga. Lalu untuk apa ada surat wasiat? Surat wasiat ngak akan menyelesaikan masalah apapun. Bahkan bisa saja malah nambahin masalah. Oleh karena itu akan lebih baik tidak bunuh diri.

Daripada berfokus pada hal buruk lalu bunuh diri, lebih baik fokus pada hal positif yang pastinya akan membuat hidup lebih baik. Ya meski ngak baik-baik banget sih. Tapi lumayanlah daripada mati. Jika kamu bisa melewati masalah yang ada saat ini, bisa aja ada kesuksesan yang menunggumu.

Sukses bukan hanya soal uang dan karir. Bisa saja keluargamu semakin harmonis atau hubungan dengan sekitar menjadi lebih baik. Intinya sesuatu yang membuat kita menjadi lebih baik dari sebelumnya baik secara mental atau sosial.

Meskipun ada bunuh diri yang diperbolehkan bahkan dianjurkan bernama seppuku, bukan berarti bunuh diri adalah jalan terbaik. Seppuku ya bukan sepupu. Seppuku biasanya dilakukan oleh para samurai yang gagal dalam menjalankan tugas. Saat ini, seppuku sudah mulai ditinggalkan karena keberadaan samurai di Jepang hampir musnah. Namun angka bunuh dirinya tetap tinggi.

Terlepas dari apa alasan orang-orang bunuh diri. Pernah mikir ngak, gimana perasaan malaikat maut pas ada orang bunuh diri?Bayangin aja pas malaikat maut otw nyabut nyawa manusia, eh udah mati duluan. Ngak ada angin, ngak ada hujan manusianya mati sendiri. Mending kalau Cuma 1 atau 2 biji, lah kalau sampek jadi penyebab kematian terbesar ke-10 di dunia, apa ngak gabut tuh malaikat maut kekurangan jam kerja?

Manusia aja kekurangan jam kerja pasti uring-uringan nyari tambahan jam kerja kesana kemari. Bahkan dari saking pengennya kerja bisa sampai lupa makan dan minum. Dan saat udah kerja bisa sampai lupa keluarga dari saking sukanya ke pekerjaan yang ia miliki. Sampai ada masalah yang ngak bisa ditangani, stress lalu bunuh diri.

Memang memilih sebuah keputusan dalam hidup gampang-gampang susah. Tapi jangan sampai deh milih mati. Karena ngak semua orang bisa hidup seperti kamu. Kehidupan yang kamu benci mungkin adalah kehidupan yang sangat ingin dimiliki orang lain. Bisa aja mereka yang iri dengan hidupmu melakukan segala cara supayakamu mati. Kalau sampai kamumenyerah dengan hidup yang kamu jalani dan bunuh diri, kamu seneng? Enggak kan, orang lain yang seneng.

Ya emang sih masalah kadang dateng silih berganti dan kadang solusinya sulit. Tapi diusahakan jangan bunuh diri. Kamu enak dah mati, lah yang ngurusin mayatmu gimana? Ortumu gimana? Suami? Istri? Anak? Masak iya kamu tega biarin anakmu kekurangan kasih sayang ? istrimu jadi janda atau suamimu jadi duda?

Ya tapi kalau kamu ngak ada beban hidup dan ngak mau hidup ya bunuh diri aja. Selama tindakan yang kamu lakukan ngak merugikan orang lain ya lakukan. Karena peyesalan setelah kamu mati akan dirasakan olehmu sendiri bukan orang lain. Karena bunuh diri bukan jalan pintas untuk mengatasi masalah yang ada. Ia hanya alat untuk menambah masalah dan penyesalan yang berkelanjutan.

Silahkan saja kalau kamu mau mendaftar untuk menyesal karena keputusan yang diambil saat emosi tidak stabil akan berdampak buruk pada dirimu sendiri atau lingkungan sekitar.Jadi apapun yang akan kamu lakukan pikirkan dengan matang, terutama jika berkaitan dengan nyawa yang ada pada dirimu maupun orang lain.

Tidak ada hidup yang tidak memiliki tekanan. Hanya cara mengatasinya yang berbeda. Sebagian memilih untuk bertarung dan sebagian memilih untuk menyerah. Meski akhirnya ada yang gagal saat bertarung, setidaknya ia gagal secara terhormat dengan harga diri tetap ditangannya bukan di kaki orang lain.

______________________

*) Perempuan yang memiliki sifat sedikit aneh.