Ilustrator : link Muzaiyaroh

oleh : Novi Dina*

Beberapa hari yang lalu sempat Bahkan menjadi trending di twitter mengenai SNMPTN. Para pejuangnya yang dinyatakan lulus mengabadikan perasaanya bahagianya lewat postingan sosial media, ada yang di vidio ada pula yang di screenshot. Selamat untuk adik - adik yang dinyatakan lulus dan bagi yang belum jangan sedih yah! Masih banyak jalan menuju roma kok tinggal usaha lebih keras lagi dan cepat move on biar sedihnya tidak berlarut - larut. 

SNMPTN hanyalah satu dari banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa masuk perguruan tinggi yang diimpikan kamu. Lulus atau tidak di SNMPTN, hal tersebut bukanlah akhir dari mimpi kamu dan bukan pula mengartikan saat kamu gagal di SNMPTN, kamu juga akan gagal di jalur yang lain. Jika kamu punya pemikiran di seperti ini segera buang ke laut. Hehehe. Peluang untuk mewujudkan mimpimu dan mengejar cita - cita belum tertutup hanya gara- gara kamu ditolak SNMPN meski sama sakitnya di tolak doi sih, eh. Ingat yah, masih banyak jalan menuju roma, masih banyak jalan yang dapat kamu tempuh dan ingat! Dunia belum kiamat jadi jangan putus asa cukup segera move on aja. 

Kita semua pasti ingin masuk di universitas yang memiliki akreditas yang baik, tetapi akreditasi yang tidak akan selamanya membuatmu sukses jika kamu tidak memiliki kemauan untuk berhasil.

Jika nantinya kamu memilih universitas yang tidak terlalu dikenal oleh banyak orang, tidak masalah. Selama kamu ingin terus maju, memiliki kemauan untuk itu, dimana pun kamu menuntut ilmu kamu akan menjadi 'besar' dengan caramu sendiri.

Kalian yang ditolak di SNMPTN masih bisa mengikuti SBMPTN kok atau bisa mengikuti ujian mandiri, jika tidak ketolak juga bisa dicoba tahun depan. Tetapi jika tidak mau menunggu tahun depan karena menunggu tidak menyenangkan kalian bisa menjutkan pendidikan kalian di perguruan tinggi swasta. Oh iya di zaman sekarang banyak kampus swasta yang menyediakan fasilitas dan kualitas terbaik juga.

Tahu gak sih, sekarang bukan zamannya lagi membesarkan namamu pakai nama besar kamus tetapi membesarkan nama kampusmu pakai namamu. Saya akui memang keren jika kamu punya kampus elit tetapi lebih keren lagi jika kamu dari kampus pinggiran mampu bersaing dengan mereka dari kampus elit. 

Berkuliah di perguruan tinggi swasta juga tetap bisa membuatmu meraih cita-cita dan sangat mungkin menjadikanmu sebagai orang yang berhasil. Semua tergantung dengan usaha dan keseriusanmu dalam belajar. Atau mungkin kalian bisa mencoba bekerja sementara untuk mencoba lagi di tahun depan

Yuk bangkit! jangan galau lagi, jadikan kegagalan sebagai pemicu semangat untuk berjuang dalam mencari pintu kesuksesan kamu. Kamu sendiri paham betul kapasitas dirimu. Dari kemampuan yang kamu miliki, kamu bisa mengolah dan terus berlatih untuk menjadi pemenang dalam hidup. Ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran digital di era revolusi industri 4.0 sangat mendukung kamu untuk mengembangkan kemampuan softskill dan hardskill. Yuk manfaatkan betul! Kamu juga bisa belajar otodidak yang nantinya akan menjadikan kamu sebagai pribadi yang berwawasan luas, jeli dan peka dalam melihat dunia dari sisi manapun. Yang terpenting dari semuanya adalah semangat belajar dan kemauan untuk terus mencari sesuatu yang belum kamu ketahui. Terus semangat yah!

 

_______________________________________

*) Pegiat literasi yang belum berganti status KTP (belum menikah)! memiliki hobi membaca, menulis dan merindukanmu!  Eakkk.